Sabtu, 27 April 2013

anak bawangan colomadu ;)

"ular naga panjangnya bukan kepalang
menjalar-jalar selalu riang kemari
umpan yang lezat itulah yang dicari
ini dia-nya yang terbelakang"

pagi ini saya dan teman-teman anak bawang bermain lagi ke colomadu, tepatnya ke TK Sudirman Colomadu. sebulan lalu mungkin, kami sudah pernah kesana untuk bermain bersama anak-anak manis itu, hehe ;)

beberapa permainan tradisional kami perkenalkan. permainan yang kami mainkan disini adalah permainan tanpa alat seperti ular naga (di solo dikenal dengan njuk tali njuk emping), sluku-sluku bathok, dan cublak-cublak suweng. selain permainan tradisional kami juga memperkenalkan ice breaking ala-ala cah psikologi juga haha ;)

adik-adik cukup antusias bermain bersama kami, mereka tersenyum, tertawa dan bergembira ketika bermain stasiun langsir, nyanyi bareng lagu jawa 'padang wulan' dan lebih-lebih ketika adik-adik sudah berlarian menghindari ular naga yang siap menangkap sang terbelakang, hohoho ;)

bermain bersama anak TK selain menyenangkan juga membutuhkan kesabaran. selain harus meberitahukan peraturan permainan dengan bahasa yang mereka mengerti, kita juga dituntut untuk sabar hehe ;) beberapa dari anak-anak masih suka ngambek kalau keinginan mereka tidak terpenuhi walhasil ujung-ujungnya berantem deh ama temennya sendiri, bahkan berantem sama kembarannya juga, haha ;p

anak-anak memang suka bermain. eits, jangan salah, bermain adalah salah satu bagian penting dalam proses perkembangan anak. dengan bermain, anak-anak belajar bersosialisasi dengan teman sebaya, belajar menempatkan dirinya dalam posisi sederajat, belajar kejujuran, keadilan dan berbagai nilai-nilai yang terkandung dalam setiap permainan. so, biarkan anak-anak bermain, tetapi jagalah anak-anak dengan permainan yang mendukung perkembangannya, bukan permainan yang meracuni pikirannya dengan hal-hal negatif ;)

aku bermain maka aku senang ;)

@umayumie

'cublak-cublak suweng'

'ular naga'



'sluku-sluku bathok'



Tidak ada komentar:

Posting Komentar